Social Icons

Pages

Senin, 04 Juli 2011

Tidak Bisa Menyalakan Wi-Fi pada Toshiba Satellite L510-S432

Suatu ketika saat hendak menyalakan wi-fi laptop saya -dinyalakan dengan kombinasi tombol Fn+F8-, tombol Fn yang ketika dipencet seharusnya menampilkan semacam floating menu -secara default akan muncul di bagian atas monitor- tak mau menampilkan menu tersebut. Menu yang disebut Flash Cards tersebut selain berfungsi untuk menghidupkan koneksi wireless juga berfungsi untuk mengatur kecerahan layar, mengatur output ke LCD, mengatur power scheme, dll. Sialnya laptop saya ,Toshiba Satellite L510-S432 -begitupun dengan beberapa seri sejenis-, tidak memiliki switch di body untuk mengaktifkan koneksi wireless seperti tipe-tipe yang "berkasta" lebih tinggi dari Satellite, misalnya saja Portege.

 Tampilan Flash Cards pada Toshiba Satellite L510-S432 milik saya
 
Untuk fungsi-fungsi lain yang sering saya gunakan masih bisa saya temukan cara lain untuk mengaktifkannya melalui Control Panel, tapi tidak dengan fungsi mengaktifkan koneksi wireless. Penyebab dari masalah ini sampai saat ini belum jelas, tapi dugaan saya mungkin dikarenakan ada update Windows Vista yg tidak kompatibel dengan aplikasi Flash Cards dari Toshiba tersebut. Karena ini terjadi setelah saya meng-update Windows Vista saya melalu fitur Windows Automatic Updates.

Copy program shortcut Restart Flash Cards
dari folder TOSHIBA -> Utilities

Paste ke folder Startup

Masalahnya sebetulnya sederhana saja, Flash Cards tersebut tidak muncul setelah saya menekan tombol Fn karena setelah Windows di-update aplikasi Flash Cards tersebut tidak langsung berjalan saat Windows mulai dijalankan (autostart -red.). Sehingga aplikasi Flash Cards tersebut harus di-restart dengan meng-klik orb Windows (Start) -> All Programs -> TOSHIBA -> Utilities -> Restart Flash Cards. Namun karena merepotkan bila setiap menyalakan Windows harus me-restart si Flash Cards ini akhirnya saya akali saja dengan meng-copy shortcut Restart Flash Card di folder yang sudah saya sebutkan sebelumnya ke dalam folder All Program -> Startup. Dan masalah pun selesai. :)

CATATAN PENTING (UPDATE):
Trik ini berhasil hanya bila di laptop Anda sudah terinstal software TOSHIBA Value Added Package. Bila sistem operasi Windows laptop Anda adalah OEM (Original Equipment Manufacturer) alias sudah diinstal dari pabrik, Anda bisa menemukan master software TOSHIBA Value Added Package pada folder C:\Program Files\TOSHIBA\TOSAPINS\COMPS1 atau pada CD driver yang disediakan oleh produsen.
_________________________________________________________________________________

Testbed platform:
Toshiba Satellite L510-S432
Windows Vista Home Premium with Service Pack 2 OEM (32-bit)
Intel Core 2 Duo T6500 2,1 GHz
RAM 2 GB
ATI Mobility Radeon HD 4500
Western Digital Caviar 320 GB Hard Disk

15 komentar:

  1. asalamualaikum...gan, saya ada keluhan..;aptop toshiba L510 wifinya tidak bisa di gunakan...tombol FN + F8 tidak bisa di gunakan serta icon wifi yang ada di taskbar berubah menjadi icon modem,,,kira- kira kenapa ya? mhn bantuannya...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb.
      Coba instal software TOSHIBA Value Added Package dulu, Gan. Bisa dicari masternya di C:\Program Files\TOSHIBA\TOSAPINS\COMPS1 atau di CD driver kalau g ada coba tanya Mbah Google.
      Kalau udah diinstal baru ikutin trik ane di atas. Semoga berhasil.
      Maaf lama balasnya, jarang buka blog. :)

      Hapus
    2. Pastikan juga driver wi-finya sudah diinstal, Gan. :)

      Hapus
  2. Makasih ya Bang...
    Artikel ini Sangattt bermanfaat...

    Boleh copas... ke blog aku?? (aku ksh Source)...

    t-eozm.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silakan, Mas. :)
      Maaf lama balasnya, jarang buka blog.

      Hapus
  3. Wah sangat membantu sekali mas. Saya sudah lama cari artikel ini cz laptop saya juga L510 :D makasih yah

    BalasHapus
  4. mau nambahin aja Bang Benz... saya juga ngalamin Toshiba L510 khususnya gak bisa nyalain wifi-nya meski udah install hotkey and add value packagenya... informasinya di connectifity doctor "Please refer to your manual for location of the switch" sementara switch on/off wifi gak ada...

    setelah di cek lagi, ternyata ada settingan "wifi com sw" di BIOS, so bisa di cek masing2 biosnya juga kalo nemu wifi yang gak ada switch manualnya... thanks for share... cmiwww..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan dari Mas Ajunkdonat ini bagus sekali. Setelah saya cek di BIOS ternyata memang benar ada settingan "Wireless Communication Switch" sehingga Toshiba L510 ini semacam punya virtual switch wireless ganda.
      Jadi seandainya para pembaca sudah instal driver wi-fi, sudah instal Toshiba Value Added Package namun wi-fi msh blm bs nyala juga, silakan cek BIOS anda. Mungkin ada yg mengubah settingan tersebut menjadi "off", karena setahu saya secara default settingan tersebut dalam posisi "on".

      Hapus
  5. gmana lo pke win 8 gan.. kan ngk ada tuh program filesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah nyoba, Gan. Lagian klo liat situs resminya Toshiba, gak ada driver Win 8 buat seri Satellite L510.
      Coba aja cek disini http://pc.toshiba-asia.com/support/drivers

      Hapus
  6. bang kalo cara ngaktifin webcamnya gimana ya. liad di keyboardnya kombinasi tombol FN + ga ada. bingung nih webcamnya ga bisa nyala :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. All Programs -> TOSHIBA -> Utilities -> Web Camera Application
      Ntar ada di kiri layar ada Window yg nyempil, arahin pointer mouse ke kiri layar itu biar nongol Windownya, itu program TOSHIBA Web Camera-nya.
      Dgn syarat udah install programnya terlebih dulu.

      Hapus

Sangat menantikan diskusi dan sharing dengan para pembaca sekalian, silakan kirimkan komentar & pertanyaan Anda. :)
Untuk menjaga agar blog ini tetap kondusif untuk berbagi & berdiskusi, saya mohon maaf kepada pembaca sekalian karena harus memoderasi komentar-komentar yang masuk.