Social Icons

Pages

Kamis, 21 Juni 2012

Mengatasi Error pada Windows Automatic Update

Setelah lama tidak memutakhirkan sistem operasi laptop kesayangan saya, beberapa hari yang lalu saya berniat untuk melakukannya. Tapi tidak biasanya program Windows Automatic Update tidak muncul pada system tray di kanan bawah monitor. Lalu saya mencoba mengaksesnya dengan cara lain yaitu melalui All Program -> Windows Update. Tidak seperti biasanya, pada laman Windows Automatic Update di samping tombol "Check Now" ada simbol lingkaran merah dengan tanda silang berwarna putih di tengahnya. Wah sudah pertanda ada yang tidak beres nih...

Tombol "Check Now" pun saya klik dan tidak berapa lama kemudian muncul error message atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai "pesan galat" seperti berikut ini:


"Windows Update cannot currently check for updates, because the service is not running, you may need to restart your computer."

Mengikuti apa yang disarankan pesan tersebut maka laptop pun saya restart. Namun setelah di-restart Windows Automatic Update tetap memunculkan pesan yang sama. Saya pun mencoba mengotak-atik setting Windows Automatic Update, dan setelah beberapa kali mengubah setting dan beberapa kali restart, error message yang sama masih saja muncul dan Windows Automatic Update tetap tidak mau dijalankan.

Tips untuk Anda, jika komputer Anda mengalami error kemudian ada error message yang muncul seperti yang saya alami, dan Anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya maka curhatlah pada Mbah Google untuk mencari solusinya.

Setelah curhat kepada Mbah Google maka munculah beberapa tautan dari beberapa website yang disinyalir menawarkan solusi untuk mengatasi error message tersebut. Dua tautan teratas berasal dari website resmi Microsoft, yang salah satunya menggiring saya ke sini.

Sayangnya cara yang ditawarkan website resmi Microsoft ini terlalu ribet. Maka saya mencari ke beberapa website lain sampai saya menemukan cara berikut ini: 

Langkah 1
Klik Orb Windows kemudian ketik "services.msc" (tanpa tanda ") pada kolom start search.

Langkah 2
Setelah konsol Services muncul carilah "Background Intelligent Transfer Service" dan "Windows Update".


Tampilan konsol Services
Langkah 3
Hentikan kedua service tersebut dengan klik kanan dan pilih stop. Biarkan konsol Services tetap terbuka

Langkah 4
Masuk ke folder C:\Windows\SoftwareDistribution dan hapus semua isi folder tersebut. WARNING! Hapus isi folder SoftwareDistribution bukan foldernya.


Screenshot isi folder SoftwareDistribution pada komputer saya.
Langkah 5
Kembali ke konsol Services dan aktikfkan lagi "Background Intelligent Transfer Service" dan "Windows Update" dengan cara klik kanan dan pilih start.

Langkah 6
Pastikan komputer Anda sudah terkoneksi dengan internet dan jalankan Windows Automatic Update.

Dan masalah Windows Automatic Update pada laptop saya pun terselesaikan. Selamat mencoba.

Source: http://maketecheasier.com/ask-windows-expert-week-17/2012/05/30
________________________________________________________________________

Platform:
Toshiba Satellite L510-S432
Windows Vista Home Premium with Service Pack 2 OEM (32-bit)
Intel Core 2 Duo T6500 2,1 GHz
RAM 2 GB
ATI Mobility Radeon HD 4500
Western Digital Caviar 320 GB Hard Disk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sangat menantikan diskusi dan sharing dengan para pembaca sekalian, silakan kirimkan komentar & pertanyaan Anda. :)
Untuk menjaga agar blog ini tetap kondusif untuk berbagi & berdiskusi, saya mohon maaf kepada pembaca sekalian karena harus memoderasi komentar-komentar yang masuk.